Saturday, January 22, 2011

PERNAFASAN

Mungkin anda sering atau pernah melihat orang cegukan/tersendak atau mungkin anda sendiri yang mengalami. sangat mengganggu apalagi dalam situasi dan kondisi mungkin anda berada pada suatu diskusi. Pada kondisi apapun pasti yang anda rasakan pasti menggagu kenyamanan bahkan malu. Berbagai cara mengobati cegukan ini sulit tapi memang sering gejala ini sembuh dengan sendirinya tanpa obat dan tanpa sadar gejala ini hilang.

Alami sekali sampai sekarang belum banyak mengetahui apa penyebab dan cara menanganinya. Terganggunya reflek syaraf yang menyebabkan saluran pernafasan anda pada kerongkongan bekerja membuka dan menutup tanpa bisa anda kendalikan. Biasanya yang sering kali di lakukan adalah dengan meminim air walaupun ternyata sulit untuk mengobatinya.

Saya mempunya trik sederhana yang mudah-mudahan bisa anda pelajari dan berlatih bagaimana tehnik mengobati gejala cegukan/sendakan ini. Tehnik ini sangat sederhana karena bukan obat atau apapun yang anda gunakan tapi pernafasan anda yang di pakai. Gampang kedengaran tapi kalau tidak pernah mencoba anda tidak akan bisa melakukannya. Minimal ketika anda berlatih dan yakin bukan untuk anda pada saat ini tapi bisa anda terapkan untuk teman atau siapapun yang ingin anda tolong.

Coba anda ikuti semua latihan bagaimana mengatasinya dengan tehnik ini, ikuti dari tahap awal sampai tahap akhir pernafasan. Selain dapat mengobati cegukan/sendakan saluran pernafasan anda akan terasa jauh lebih baik dan lancar. Cobalah latihan berikut :

Dalam posisi duduk nyaman
tarik nafas anda dalam tempo pelan dan dalam sampai perut, rasakan dan tahan nafas anda di perutsampai tiga ketukan.
Dan lepas nafas anda dalam tempo yang sangat pelan melalui mulut, jangan di henbuskan tapi lepaskan biarkan tekanan pada perut anda yang menekan nafas anda untuk keluar melalui mulut. Diam sejenak dan mulai merasakan nafas anda .
Kuncinya adalah pada saat melepas dan merasakan tekanan perut mengeluarkan nafas dalam tempo pelan. Tehnik ini sudah sering saya coba kepada saya atau teman-teman yang kebetulan mengalami gejala ini, dan sekali saya kasih tehnik ini mereka langsung bisa untuk mengatasi gejala cegukan/sendakan. Yang akhirnya kapanpun anda mengalaminya hanya tempo kurang lebih 2 menit anda sudah bisa menghilangkan gejala ini. Cobalah bagi tehnik ini ketika ada teman anda mengalami cegukan /sendakan ini, jangan takut gagal beri saja dengan santai tehnik ini mudah-mudahan andapun bisa untuk anda atau teman anda dan selamat mencoba.

Rangkuman:

Inti dari tehnik ini adalah bagaimana anda mengatur pernafasan anda dalam tempo pelan agar energi masuk sampai detail keseluruh bagian pernafasab anda. Tarik nafas anda dengan tempo pelan dan lepas nafas anda dengan dorongan tekanan dari perut.



BERBAGAI TEHNIK SEDERHANA AKAN ANDA TEMUKAN DI BLOG SAYA SELANJUTNYA BAIK UNTUK BELADIRI MAUPUN PENGOBATAN.






TERIMAKASIH

No comments: